Cibeunying Park, Sempat Jadi Bursa Taman Hias

TAMAN ini salah satu yang muncul bersama taman-taman yang direvitalisasi di Kota Bandung, seperti Taman Jomblo, Taman Film, Taman Foto, dan yang terakhir Taman Superhero. Sejak Wali Kota Ridwan Kamil mencanangkan program revitalisasi taman, beberapa taman lama yang berubah wajah bermunculan. Taman ini bernama Taman Cibeunying, atau orang lebih senang menyebutnya  Cibeunying Park. Taman ini berada dideretan Taman Lansia, dan Taman Taman Pustaka Bunga, yang memanjang mulai dari Jalan Diponegoro hingga Jalan Bengawan.

Taman ini sudah lama dikenal orang. Bahkan ketika Belanda masih menjajah Indonesia, taman ini sudah ada. Pada zaman itu, taman ini lebih dikenal dengan sebutan Tjibeunjing Plantsoen yang berfungsi sebagai hutan kota.

Taman Cibeunying pernah menjadi bursa tanaman hias pada 1980-an. Saat itu Wali Kotanya masih dijabat oleh Ateng Wahyudi. Taman Cibenying berubah dari sebuah taman menjadi kios-kios tanaman. Fungsi sebagai taman pun menghilang.

Belakangan Taman Cibeunying dibenahi. Di sana tak ada lagi kios-kios penjajak tanaman hias. Taman ini menjadi seperi luas. Rumput yang terhampar di sana menjadi tempat favorit untuk bercengkrama.

Tempet duduk yang tersedia berjejer rapi di pinggir mengelilingi taman itu. Tempat sampah juga terlihat unik. Di bagian lain tulisan besar Cibeunying Park berwarna merah putih menghiasi taman itu.

Di ujung lain taman ini tersedia gazebo yang bisa digunakan berteduh kala cuaca panas menyengat, atau saat hujan mengguyur. Jangan lupa bunga-bunga yang sengaja ditanam di sana menambah kearsian taman tersebut.

Uniknya pengelola taman ini memiliki akun twitter untuk menyebarkan informasi mengenai taman ini melalui akun @CibeunyingPark. Dalam akun tersebut men-tweet ajakan untuk menjaga kelestarian dan kebersihan tanaman ini. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!