The Centrum, Kolam Renang Karya Schoemaker di Jalan Belitung

DULU, tahun 1980-an kolam renang ini  sering digunakan oleh siswa yang belajar berenang. Tidak hanya siswa SMA yang berada di dekatnya tetapi juga SMA-SMA yang cukup jauh jaraknya dari kolam renang tersebut. Nama kolam renang tersebut adalah Kolam Renang Tirta Merta atau orang Bandung lebih senang menyebutnya Sentrum (Centrum). Kolam renang ini berada di Jalan Belitung No. 10 tak jauh dari bangunan SMAN 3 dan SMAN 5.

The Centrum: Dine-Wedding-Event, Jalan Belitung, Kota Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung
The Centrum: Dine-Wedding-Event, Jalan Belitung, Kota Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Kolam renang yang didirikan pada 1920-an ini sempat jadi favorit orang-orang kulit putih atau  Belanda.  Saat itu pribumi tidak boleh berenang di kolam renang yang dirancang oleh arsitek ternama C.P. Wolff Schoemaker. Bangunan ini berkonsep modern tropis Indonesia.

Bangunan Centrum sebesar 1.150 m2 yang  menempati areal tanah seluas 3200 m2 dipindahkan kepemilikannya dari orang Belanda kepada warga negara Indonesia, R. Tjandraprawira pada  1948. Saat itu orang Belanda beraangsur sudah meninggalkan Indonesia.

Meski telah berpindah tangan, kolam renang itu tidak lantas dibuka untuk umum.  Baru pada 1960-an masyarakat  Bandung bisa merasakan berenang di kolam itu. Pada 2000,  Centrum direnovasi. Kolamnya diperpanjang menjadi 46 meter dari sebelumnya yang hanya 30 meter. Kolam renang ini memiliki lebar 21 meter dan kedalaman mencapai 3 meter.

Pada 23 September 2011, Kagum Group yang menjadi pengelola kolam tersebut meresmikan The Centrum. The Centrum adalah dine-wedding-event. Tempatnya berbentuk sebuah kapal pesiar di tempat kolam renang bersejarah tersebut.

Bagian dalam bangunan itu bisa menampung 1.000 orang. Bangunannya seperti dek. Adapun dek-dek di bagian atas dan bawah menjadi ruang untuk pertemuan, tempat bersantap, dan meeting.

Di bagian bawah kolam renang yang bersejarah tetap dipertahankan. Namun, sekarang dilengkapi panggung dan taman. Berbagai acara seperti pernikahan, berbagai acara resmi, dan gathering bisa digelar di sana. Serta beragam menu antara lain menu Indonesia, Chinese, dan Western yang diolah oleh chef berpengalaman juga tersedia. *

The Centrum: Dine-Wedding-Event

Di Jalan Belitung No. 10
Web:  http://centrumbandung.com/about-us.html

Bahan tulisan dari  http://centrumbandung.com/about-us.html

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.