Bubur Ayam Pak Sopian di Belakang Hotel Horison Maskumambang

DI Jalan Maskumambang ada bubur ayam enak. Namanya Bubur Ayam Pak Sopian. Lokasi berada di belakang Hotel Horison. Tepat di samping pintu masuk belakang hotel tersebut. Bubur ini buka setiap pagi. Jika tak ingin kehabisan sebaiknya datang pada pagi hari  sekitar pukul 06.30.

Selasa (13/9/2016), tenda bubur Pak Sopian terlihat banyak pengunjung. Terbukti di dekat tenda terparkir deretan mobil bermerk. Di depan terdapat beberapa motor. Hampir setiap pagi tenda ini kerap didatangi pengunjungnya. Mereka yang datang berasal dari berbagai kalangan.

Bubur Ayam Pak Sopian
Bubur Ayam Pak Sopian. | Foto serbabandung.com

Seperti penjual bubur kebanyakan, Bubur Ayam Pak Sopian juga memberikan menu pilihan buat penggemarnya. Di sini tersedia bubur spesial. Bubur ini toppingnya komplet sehingga harganya pun paling mahal. Harganya berada di kisaran Rp 12.000. Ada juga bubur telor yang dijual kisaran Rp 10.000. Harga tersebut kemungkinan telah berubah.

Bubur Pak Sopian sudah berdagang di sana sejak 1990-an. Jalan Maskumambang yang merupakan jalan yang meghubungkan Jalan Buahbatu dan Martanegara sangat ramai dilewati kendaraan. Begitu juga pada pagi hari saat tenda bubur itu berdiri. Banyak orang-orang berkendara yang lewat untuk bekerja dan bersekolah.

Bubur Ayam  Pak Sopian Bisa Bertahan

Kalau soal rasa jangan ditanya. Bubur Ayam  Pak Sopian bisa bertahan di sana cukup lama karena rasa buburnya yang lezat. Bubur dan suwiran ayam menjadi penggoda selera yang kebetulan lewat ke jalan tersebut. Kelezatannya bisa dibandingkan dengan bubur ayam lainnya di Bandung. Tapi tentu saja selera sangat mempengaruhi lezat tidaknya bubur tersebut.

Penjual bubur lain di kawasan Buahbatu adalah bubur ayam spesial ati ampela Pak Toto. Tepatnya di Jalan Terusan Buahbatu. Dari arah Jalan Buahbatu tendanya berada di sebelah kiri,  tak jauh dari simpang tiga pintu tol Buahbatu. Memang agak jauh dari Jalan Maskumambang.

Di sini kacang, bawang daun, dan kerupuk ditempatkan dalam wadah terpisah. Cara ini memudahkan buat orang yang tidak suka kacang. Dia tidak harus memilah-milah sebelum menyuap bubur yang disajikan. Sebelum disantap, bubur ini bisa dibubuhi kecap, merica, dan bawang daun. Kemudian untuk memberikan kelezatan bubur tersebut diaduk hingga merata.

Selain penjual bubur yang telah disebutkan di atas, banyak sekali penjual bubur di kawasan Buahbatu. Mereka telah buka pagi hari, ketika sebagian besar orang baru tersadar dari peraduan. Satu di antaranya ada di Jalan Lodaya dekat Batagor H Isan. Atau adakah informasi lain mengenai penjual bubur di kawasan ini? Silakan tambahkan di kolom komentar di bawah ini. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.