Bioskop Dian, Nonton di Balkon Lebih Nyaman

BIOSKOP Dian adalah salah satu bioskop lama yang bangunannya bisa bertahan hingga sekarang. Bioskop yang dulu juga berdiri di kawasan Alun-alun Bandung ini sudah lama dibongkar. Aneka, Nusantara, dan Elita raib setelah dihancurkan, kemudian lahannya digunakan untuk membangun Gedung Palaguna Nusantara.

Gedung Palaguna Nusantara yang tadinya ada bioskop Palaguna dan Nusantara pun kini sudah rata dengan tanah. Pada Sabtu (7/2/2015), para pekerja masih terus melakukan pekerjaan di area gedung yang tertutup seng itu.

Bioskop ini pernah mejadi primadona para pecandu film. Film yang diputar di sini tidak menentu. Kadang film mandarin, film Hollywood, film Indonesia, bahkan film Inda. Pada tahu 1980-an bioskop ini terkadang penuh, tergantung film yang diputarnya.

Sebelum masuk penonton harus beli tiket ke kasir yang dibatasi kaca yang memisahkan penjual dan pembeli tiket. Sebuah lubung kecil di bagian bawah kaca itu penjual dan pembeli berkomunikasi. Penonton bisa memilih kursi yang bernomor. Jika ingin lebih nyaman silakan pilih yang di balkon.

Balkon di bioskop ini berada di lantai dua. Menonton dari sini akan leluasa melihat ke layar. Balkon seperti di Bioskop Dian tidak digunakan lagi oleh-oleh bioskop modern saat ini. Balkon menurut kamus besar bahasa Idonesia adalah, tempat duduk yang ada di tingkat atas, baik di samping kiri dan kanan maupun belakang menghadap ke panggung di gedung kesenian atau gedung bioskop.

Bioskop Dian Dibangunan Pada 1930

Bioskop Dian termasuk bangunan yang sudah tua dibangun pada 1930. Bangunan ini masuk dalam Daftar kawasan dan bangunan Cagar Budaya Kelas/Golongan A di Kota Bandung. Bangunan Dian termasuk dalam kriteria usia bangunan minimal 50 tahun.

Gedung yang masuk dalam bangunan Cagar Budaya golongan A tidak boleh dibongkar. Begitu juga Bioskop Dian yang pernah dijadikan lapangan futsal. Gedung Bioskop Dian merupakan salah satu aset Pemprov yang dikelola oleh PD Jawi,

Latar depan bioskop ini masih seperti semula belum ada perubahan. Bangunan klasik masih tampak. Dulu Dian bernama Radio City Cinema. Kemudian berubah nama menjadi Dian Cinema atau Bioskop Dian. Pada pertengahan 1990-an, Bioskop Dian tutup. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.