Bengkel Mobil yang Ternyata Kafe di Terusan Pasirkoja

Kalau ada bengkel mobil yang selalu bersih hanya ada di Jalan Terusan Pasirkoja No 275, Sukahaji, Babakan Ciparay, Kota Bandung. Tentu saja selalu bersih karena ternyata bengkel ini bukan bengkel sungguhan, melainkan kafe unik yang mengadaptasi tata letak bengkel. Namanya juga unik yakni Kafe Oto Beng Tiam.

Banyak yang menyangka Oto Beng Tiam adalah Bahasa Tiongkok. Nama tersebut ada artinya dan bukan Bahasa Tiongkok atau Korea. Oto Beng Tiam merupakan  campuran kata dan sebuah akronim. Oto berarti otomtif, beng berarti bengkel, dan tiam sendiri adalah Kopi.

bengkel mobil
Kafe Oto Beng Tiam di Jalan Terusan Pasirkoja, Bandung. | Foto http://tempatwisatadibandung.info/wp-content/uploads/2016/10/Oto-Beng-Tiam-Bandung.jpg

Kafe ini buka pertama kali pada 20 Oktober 2015. Pengunjungnya hingga sekarang masih banyak. Itu menandakan kafe ini banyak yang menyukainya. Kafe bersuasana bengkel mobil ini  ternyata banyak mendapat perhatian warga Bandung yang selektif terhadap segala macam kuliner. Kafe ini pun mampu bersaingan dengan kafe lainnya.

Kafe Oto Beng Tiam menempati bangunan 2 lantai. Setiap sudut ruangan desainnya berbeda-berbeda, namun masih terlihat berhubungan antarruangan tersebut. Ketika masuk ke kafe terdapat ruangan berbentuk boks truk. Ruangan itu cukup besar dan terdapat tempat duduk berupa drum-drum yang sudah dimodivikasi.

Oto Beng Tiam merupakan restoran Malaysia. Restoran ini salah satu pioner restoran yang menawarkan menu khas Malaysia di Bandung. Begitu juga dengan konsep bengkel mobil. Bahkan bukan hanya di Bandung tapi yang pertama di Indonesia.

Di Bengkel Mobil Ini Jual Kopi Pahit

Sesuai namanya, kafe ini menawarkan kopi andalan yakni  kopi pahit, yaitu Kopi O khas Oto Beng Tiam. Nama Tiam sendiri mengingatkan kepada kedai kopi atau tempat sarapan khas Malaysia dan Singapura. Di Indonesia kopi tiam pertama kali ada di Batam dan Medan. Kopi tiam diambil dari kata kopi dari Bahasa Melayu, dan tiam berarti kedai  dalam Bahasa Hokkien.

Menu favorit di Kafe Oto Beng Tiam adalah nasi goreng ala Oto Beng Tiam. Ada juga juga nasi lemak,  dry curry noodle, dan ayam laksa. Bagi yang menginginkan menu nusantara ternyata di sini tersedia. Bahkan menu khas Thailand juga ada.

Kafe  buka Senin – Minggu pukul 07.00 – 00.00 WIB. Pengunjung biasanya memadati kafe ini saat waktu makan dan istirahat siang pukul 12.00 WIB. Untuk menikmati suasana yang lebih nyaman sebaiknya berkunjung pada waktu beranjak sore, sekitar pukul 15.00 WIB.

Berkunjung kafe bisa sambil menservis kendaraan karena tepat di belakang kafe terdapat bengkel mobil. Bengkel ini melayani spooring, balancing, engine conditioning, servis rem, ganti oli dan service onderstel. Sambil menunggu kendaraan  diservis pengunjung bisa bersantai di kafe. *

Bahan Tulisan: tempatwisatadibandung.info

Bandung memiliki sarana rental sepeda. Namanya Bike Sharing. Sarana transportasi ini sudah bisa digunakan sejak 3 Juli…

Posted by Serba Bandung on Monday, July 31, 2017

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.