Batagor-batagor yang Banyak Dicari dan Lezat di Bandung

Batagor (bakso tahu goreng) H Darto di Jalan Ir H Djuanda No 200, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, tepatnya di simpang Dago dekat Kedai Pempek Haur Mekar dan tidak jauh dari M’C Donald Dago, telah 38 tahun melayani pelanggannya. Kedai ini sudah buka pada 1980.

Bakso tahu goreng H Darto tak berbeda dengan batagor lainnya. Bahan utama yang digunakan adalah ikan tenggiri, tepung aci, dan tahu. Dalam penyajiannya bumbu kacangnya memiliki tingkat kepedasan yang berbeda disesuaikan dengan selera pelanggan. Harganya berkisar dari Rp 8 ribu-Rp 16 ribu.

Bakso tahu gorengKingsleyi di Jalan Veteran 25 satu di antara penjual makanan khas Bandung yang paling dicari. Ukurannya yang cukup besar menjadikan makanan ini buruan bagi penggemarnya. Bakso tahu goreng Kingsley menyajikan tahu putih yang lembut. Bumbu kacangnya tidak biasa, tetapi kekentalannya terasa sangat pas, dan tentu saja enak.

Bakso tahu goreng Kingsley menawarkan sajian dua pilihan, yakni bakso tahu gorengkering yang dilumuri bumbu kacang yang nikmat. Sajian lainnya adalah bakso tahu goreng basah. Penikmat batagor bisa menikmati kelejatan makanan khas Bandung ini bersama kuah kaldu ayam yang rasanya tentu lezat.

batagor h isan
Batagor H Isan Jalan Lodaya Bandung. | FOTO serbabandung.com #serbabandung

Bakso tahu gorengH Isan juga parut dikedepankan. Disebut-sebut merupakan bakso tahu goreng paling lama berdiri di Kota Bandung. Dari beberapa blog tentang kuliner disebutkan bakso tahu goreng ini sudah ada sejak awal tahun 1970-an. Pendirinya adalah Bapak H Isan.

Tidak seperti penjual batagor-batagor lain, panyajian Bakso tahu goreng H Isan tidak dipotong-potong. Bakso tahu goreng ini dicicipi dengan mencocolkannya ke saus kacang yang disediakan dalam mangkok terpisah. Di sini juga ditawarkan bakso tahu goreng kuah yang diseduh kuah ini dicampuran beberapa bakso.

Batagor di Jalan Burangrang

Bakso tahu goreng yang populer lainnya adalah Bakso tahu goreng Riri. Bakso tahu goreng Riri berada di Jalan Burangrang No. 41 Bandung. Tempatnya tidak jauh dari perempatan Jalan Burangrang dan Talagabodas. Bakso tahu goreng ini banyak dikunjungi para selebritas. Terbukti dengan dipajangnya foto-foto artis berjejer di dinding.

Masih di Jalan Burangrang ada Bakso tahu goreng Burangrang. Yang membedakan dengan di tempat lain Bakso tahu goreng di sini ada yang berbentuk bulat. Ukuran per potongnya cukup besar. Seperti batagor-batagor lainnya, di sini juga tersedia bumbu kacang yang kental dan bertekstur kasar.

Bakso tahu goreng Yunus di Jalan Raya Kopo No 68, Panjunan, Astanaanyar, pun jangan dilewatkan. Kedainya sudah ada sejak 1971. Di sini menawarkan dua jenis menu batagor, yakni batagor kering dan kuah. Batagor kering, seperti bakso tahu goreng biasanya menggunakan bumbu kacang. Adapun batagor kuah diseduh menggunakan kaldu ayam.

Di Jalan Astina, Cicendo ada Bakso tahu goreng Hanjuang. Tempat jualannya merupakan gerobak sederhana khas kuliner pinggir jalan. Bakso tahu goreng Hanjuang memiliki citra rasa khas daging ikan tenggiri dan bumbu kacang yang khas.Bakso tahu goreng Hanjuang buka setiap hari pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.