Bandung Techno Park, Menyiapkan Para Technopreneur

BANDUNG memiliki Silicon Valley sepertinya bukan khayalan lagi.  Ketika Wali Kota Bandung  Ridwan Kamil gembar gembor ingin mendirikan kawasan Bandung Teknopolis di kawasan Gedebage, di Dayeuhkolot Kabupaten Bandung telah berdiri  Bandung Techno Park (BTP) yang mempersiapkan para technopreneur.

Di Gegerkalong pun telah berdiri Bandung Digital Valley (BDV) yang tujuannya nyaris sama yakni menciptakan para technopreneur tertama yang bergelut dalam bisnis aplikasi. Bandung Digital Valley  yang terletak di R&D Center PT Telekomunikasi Indonesia, Jalan Gegerkalong Hilir 47 Bandung 40152, ini  diluncurkan Telkom Indonesia  pada  Senin, 20 Desember 2011.

Bandung Techno Park
Bandung Techno Park di Kampus Tel-U. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Adapun Techno Park adalah tempat untuk  mewujudkan masyarakat informasi Indonesia dengan membentuk tenaga information and communications technology (ICT) berkompeten dan berdaya saing.

Techno Park ini berada di kawasan  Telkom University, Jalan Telekomunikasi, Terusan Buahbatu, Kabupaten Bandung. Bandung Techno Park menempati lahan seluas 5,4 hektare. Bangunan bergaya futuristis dan ada sebuah menara di bagian tengah bagunan itu. Bandung Techno Park dilengkapi 52 laboratorium ICT dan sedikitnya terdapat 215 orang peneliti.

Techno Park berdiri  atas kerjasama antara Institut Teknologi Telkom dan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Kerjasama itu mulai terjalin pada 2009 dengan mengembangkan Pusat Desain Telekomunikasi (PDT).  PDT diresmikan oleh Menteri Perindustrian RI pada 12 Januari 2010. Saat bersamaan  dilakukan peletakan batu pertama kawasan Bandung Techno Park.

Techno Park  diresmikan oleh Menteri Perindustrian MS Hidayat pada  19 Januari 2010. Sebumnya pada tahun 2009 Kementerian Diknas mempercayakan pengembangan Inkubator Bisnis kepada Bandung Techno Park.

Techno Park,  mulai  November 2011, secara manajemen terpisah dari ITTelkom. Pemisahan tersebut diharapkan andil  Bandung Techno Park bisa  lebih memberikan peran nyata dan lebih luas kepada masyarakat baik Jawa Barat maupun Nasional.

Bandung Techno Park sudah menghasilkan aplikasi yang  dikomersialisasikan, seperti Traffic Grab. Traffic Grab adalah aplikasi berbasis video untuk mengambil data kuantitatif  kondisi lalu lintas di jalan raya dan jalan tol.

U Kit, aplikasi alat praktikum untuk media pembelajaran hardware elektronika khususnya mikrokontroler.  Aplikasi lainnya ada Postur Check, pemeriksa postur tubuh yang digunakan pada seleksi calon anggota TNI AD. *

Output Bandung Techno Park

  • PRODUK INOVASI:  Menghasilkan produk inovasi berkelanjutan yang berbasis teknologi
  • MELAHIRKAN STARTUP:  Melahirkan perusahaan-perusahaan startup di bidang teknologi
  • KOMERSIALISASI HASIL RISET: Mengkomersialisasikan produk-produk hasil riset sehingga berdampak ekonomi

Bahan tulisan diambil dari http://marketeers.com/article/bandung-techno-park-siap-fasilitasi-para-startup-ti.html, http://news.okezone.com/read/2015/02/28/65/1111831/bandung-techno-park-jadi-panutan-pembuatan-100-pusat-saintek, http://www.yptelkom.or.id/wp/bandung-techno-park/ dan http://bandungtechnopark.com/profil/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.