Bandung Selatan adalah Surga Bagi yang Senang Berwisata

TEMPAT wisata Bandung Selatan banyak pilihannya. Secara garis besar dua pilihan bagi para wisatawan, yakni tempat wisata di kawasan Pangalengan dan Ciwidey. Keduanya sama-sama bisa memberikan kesenangan, terutama bagi yang sering melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang alami, seperti perkebunan teh.

Di kawasan Pangalengan yang terkenal dengan perkebunan Teh Malabarnya menyimpan tempat wisata alam sekaligus sejarah. Di Perkebunan Malabar, selain tentu saja perkebunan teh nan indah, di sana terdapat rumah dan makam Karel Albert Rudolf Bosscha. Pria kelahiran Belanda inilah yang mengembangkan perkebunan di Bandung Selatan ini.

Perkebunan teh Malabar yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara (PT PN) VIII berada di ketinggian 1.550 m di atas permukaan laut dengan suhu 16-26 derajat celsius adalah tempat wisata pilihan di Bandung Selatan. Kebun teh Malabar luasnya 2.022 hektare. Perkebunan ini masih berjarak 10 km lagi dari arah pasar Pangalengan.

Objek wisata di Pangalengan lainnya adalah Situ (danau) Cileunca. Situ Cilenca ini tepatnya berada di Warnasari, Pangalengan, Bandung. Cileunca adalah situ buatan yang berada di ketinggian 1.100 DPL (di atas permukaan laut). Situ ini memiliki luas sekira 1.400 hektare.

wisata di bandung selatan
Pesona perkebunan teh Rancabali di Bandung Selatan. | Foto Serbabandung.com

Pengalengan juga terkenal dengan produksi susu sapinya. Lewat Koperasi Peternak Bandung Selatan, susu ini menyebar ke mana-mana. Warga di sana juga memproduksi makanan berbahan susu yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Wisata di Bandung Selatan Kawasan Ciwidey

Sekarang pindah ke kawasan Bandung Selatan lainnya, yakni Ciwidey. Di kawasan ini terdapat perkebunan teh, pemandian, camping ground, water boom, treking, dan lain-lain. Pengunjung yang melancong ke sana takkan kehabisan tempat menarik untuk menghabiskan waktu di sana.

Di Ciwidey ada perkebunan teh Rancabali. Kawah yang melegenda yakni Kawah Putih pun bisa menjadi pillihan. Camping ground yang sudah terkenal yakni Ranca Upas yang dipercantik lagi dengan penambahan tempat renang dan outbond. Bandrek dan jajanan lainnya di warung-warung di sekitar lahan kemping menjadi daya tarik tersendiri.

Di Ciwidey bisa berwisata sambil merasakan sensasi hangatnya air pegunungan. Ada beberapa tempat wisata yang memang lokasinya berada di perkebunan perkebunan teh PTPN VII Rancabali, Jalan Raya Soreang-Ciwidey Km 25, Kabupaten Bandung. Namanya Walini. Objek wisata kolam air panas alami karena arinya mengambil dari Gunung Patuha. Udara di sana terasa sejuk karena berada di ketinggian 1.550 meter di atas permukaan air laut.

Cimanggu Cottage pun layak dicoba. Tempat wisata alam ini merupakan lahan hutan lindung yang luasnya mencapai 145 hektare dan berada di ketinggian 1.225 hingga 1.350 meter di atas permukaan air. Wisata alam ini tidak jauh dari Bumi Perkemahan Ranca Upas, jaraknya hanya 400 meter saja.

Di areal Perkebunan Teh Rancabali terdapat kawah, namanya Kawah Rengganis. Dulu, kawah ini sering disebut Kawah Cibuni. Kawah Rengganis selain menyuguhkan pemandangan yang menawan juga ada pemandian air hangat yang masih mengandung pasir. Tempat ini menjadi favorit pengunjung karena airnya dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, terutama penyakit kulit. *

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.