Balitsa Bandung, Balai Penelitian Tanaman Sayuran yang Jadi Tempat Wisata

MENCARI tempat wisata sekaligus belajar? Di sini tempatnya di Balitsa Bandung atau  Balai Penelitian Tanaman Sayuran. Tempatnya di kaki Gunung Tangkubanparahu, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Balitsa Bandung sebenarnya tempat untuk melakukan penelitian dan pengembangan tanaman. Namun karena keindahan pemandangannya, tempat ini kerap diburu para pehobi fotografi untuk mengabadikannya. Sering juga dijadikan tempat pre-wedding di tempat tertentu di kawasan ini.

Satu di antara tempat-tempat tersebut yang paling favorit adalah jajaran pohon pinus yang dibelah jalan. Foto-foto di sana sudah menjadi tempat wajib berfoto jika berkunjung ke sana. Pecandu media sosial pun semakin banyak yang memposting tempat tersebut di akunnya.

balitsa bandung
Balitsa Bandung. | Foto tempatwisatadibandung.info/balitsa-lembang-bandung/

Tempat menarik lainnya di Balitsa Bandung adalah spot foto pemandangan hamparan tanaman sayuran seperti cabai, bawang, bayam, tomat, dan tanaman lainnya. Di sana juga ada rumah kaca atau green house yang juga favorit untuk objek foto.

Bagi yang ingin menambah ilmu tentang pertanian di Balitsa Bandung pengungjung bisa melihat secara langsung tahapan atau proses penelitian berbagai jenis tanaman hortikultura yang ada di sana.

Dalam lama resminya disebutkan Balitsa Bandung adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang berada di bawah koordinasi dan bertanggung jawab langsung kepada Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura.

Di pilihanya kawasan Lembang menjadi Balitsa karena cocok untuk pusat penelitian dan pengembangan tanaman sayuran. Tanah di daerah tersebut merupakan tanah Andisol yang beriklim tipe B, suhu rata-rata harian berkisar antara 19-24o C, kelembaban udara berkisar 34-90% dan rata-rata curah hujan 2.207,5 mm/tahun.

Fungsi atau tugas pokok dari Balita adalah penelitian genetika, pemuliaan, perbenihan dan pemanfaatan plasma nutfah tanaman sayuran, penelitian morfologi, fisiologi, ekologi, entomologi dan fitopalogi tanaman sayuran, penelitian komponen teknologi sistem dan usaha agribisnis tanaman sayuran, dan pelayanan teknik kegiatan penelitian tanaman sayuran. *

Tamanan di Kebun Sayuran di Balitsa Bandung

Bawang
Tomat
Timun Jepang (zucchini)
Ketimun
Terong
Wortel
Kentang
Jagung
Bayam
Kacang Panjang
Kol
Kubis
Bawang Merah
Bawang Putih
Sawi
Kacang Tanah
dll

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.