Aneka Masakan Sunda Bisa Diperoleh di Restoran Ini di Bandung

ORANG Sunda memiliki masakan khas yang rasanya lezat. Bahkan beberapa di antaranya masuk dalam daftar deretan kuliner nasional. Untuk mendapatkan aneka masakan Sunda tidak lah susah karena banyak restoran atau rumah makan yang khusus menyajikannya.

Rumah makan aneka masakan Sunda biasanya menyajikan di antaranya sop buntut, tempe goreng, daging gepuk, ikan asin jambal roti, pepes tahu, pepes oncom, perkedel jagung, tahu goreng, ayam goreng, krupuk, sayur asem, ayam goreng dan bakar sunda, tutug oncom, nasi liwet, ikan goreng, dan lain sebagainya.

Di bawah ini beberapa restoran aneka masakan Sunda.

Aneka masakan Sunda bisa diperoleh di Rumah Makan Ampera. Rumah makan ini sudah terkenal sejak dulu. Lokasimya tersebar di Bandung. Namun ada beberapa tempat yang banyak dikunjungi, seperti di Jalan Soerkarno Hatta, Ranca Bolang, atau yang di Jalan Soekarno Hatta di Kopo.

Rumah Makan Aneka Masakan Sunda di Bandung
Rumah Makan Ampera Kebonkalapa salah satu rumah makan sunda di Bandung. | FOTO serbabandung.com #serbabandung

Rumah Makan Ampera lainnya ada di pusat kota. Di dekat ITC Kebon Kalapa di Jalan Pungkur juga terdapat rumah makan yang menyajikan hidangan khas Sunda. Di sekitar sana pun masih ada rumah makan Ampera lain yang patut dikunjungi.

Aneka Masakan Sunda di Ponyo dan Laksana

Rumah makan yang menyajikan aneka masakan Sunda lainnya adalah Rumah Makan Laksana. Rumah makan ini pun tersebar di Bandubg. Satu di antaranya ada di Jalan Soekarno Hatta No. 395, tak jauh dari persimpangan Jalan Kopo-Soekarno Hatta. Kemudian di Jalan Buahbatu No. 235 dan Jalan Pelajar Pejuang 45 No. 56. Jam buka RM Laksana setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 24.00.

Rumah Makan Ponyo jangan dilupakan. Ponyo berada di Jalan Malabar No. 60, Jalan Raya Cinunuk No. 186 Cileunyi, Jalan Raya Bandung – Nagreg Km. 35 Nagreg, dan Jalan Raya Bandung – Sumedang Km. 38

Di pusat kota ada Warung Nasi Ibu Imas. Warung Nasi Ibu Imas buka 24 jam. Warung Nasi Ibu Imas yang terus berkembang dan terkenal membuka cabang yang masih berdekatan. Di Balonggede ada tiga warung. Dua di antaranya saling berseberangan. Satu warung lagi yang di Jalan Pungkur.

Di kawasan Dayeuhkolot ada Warung Nasi Rencong. Alamat lengkapnya berada di Jalan Raya Banjaran 253. Jangan mengernyitkan dahi dulu, nama Rencong bukan mengadaptasi dari nama senjata asal Aceh, yang bernama rencong. Rencong merupakan dua nama wilayah yaitu Renggas dan Condong yang disingkat menjadi Rencong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.